Wednesday, November 2, 2011

Bau Mulut


Bau mulut merupakan keluhan yang sering dijadikain alasan ke dokter gigi. Bau mulut sering disebut sebagai halitosis adalah istilah umum yg menggunakan untuk menunjukan suatu bau yang tidak menyenangkan.keluhan bau mulut dapat menjadi masalah sosial pada individu yang menderita dapat mempengaruhi komunikasi. Kondisi ini dapat terjadi oleh siapa saja, jenis pekerjaan apa saja.

Bau mulut dapat bersumber dari intra oral dan dari faktor extra oral. Faktor lokal bau mulut bisa berasl dari lidah, sisa makanan yang membusuk terselip pada gigi, karang gigi , dan merokok. Faktor ekstra oral termasuk faktor sistematik yang timbul dari penyakit bronkhitis, diabetes, napas uremik.bau mulut berasal dari faktor sistematik ini memerlukan pemeriksan dokter lebih lanjut.

Tentu saja akan lebih mudah memeriksakan keadaan rongga mulut dibandingkan keadaan yang ada didalam tubuh kita.maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah ke dokter gigi untuk memeriksakan keadaan gigi geligi dan jaringan penyangganya.dokter gigi akan melakukan perawatan pada semua kelainan yang ada didalam rongga mulut secara menyeluruh.sehingga dapat mencegah terjadinya bau mulut terhadap diri kita.

No comments:

Post a Comment