Wednesday, November 2, 2011

Kiat Mendapatkan Beasiswa


Salah satu cara mengubah nasib seseorang adalah melalui pendidikan. Namun bagi sebagian orang, pendidikan masih sulit dijangkau. Tetapi bukan berarti tanpa ada biaya pendidikan, seseorang tidak bisa mengenyam pendidikan. Pasalnya, makin banyak pihak yang membuka peluang untuk memberikan beasiswa. Tentu tidak mudah mendapatkannya, tetapi dengan usaha yang sungguh-sungguh, bukanlah hal mustahil untuk didapatkannya.

Adapun salah satu kiat untuk mendapatkannya adalah mencari informasi. Informasi ini bisa didapatkan di berbagai media, misalnya melalui internet, surat kabar, majalah, dan lain-lain.

Informasi yang bisa dicari dari data tersebut diantaranya, tata cara pelamaran, persyaratan nilai minumum, bahasa yang digunakan, dokumen-dokumen , syarat-syarat khusus, dan sebagainya.

Informasi merupakan hal yang penting, karena banyak sekali yang kehilangan kesempatan atau gagal karena tidak memiliki informasi. Sering kali informasi tentang beasiswa terhenti pada level tertentu sebuah organisasi, sehingga hanya orang-orang tertentu yang tahu.

Selain itu, sejumlah dokumen yang perlu dipersiapkan diantaranya :

1. Form Aplikasi
Mahasiswa/i mengisi form aplikasi dengan baik dan lengkap

2. Ijazah dan transkip nilai
Gunakan ijazah yang telah diterjemahkan dalam bahasa inggris

3. CV / Curriculum Vitae
Buat CV anda terstruktur, lengkap dan seringkas. Beberapa pemberi beasiswa mensyaratkan bentuk CV. Untuk Eropa sebaiknya menggunakan standar CV Eropa yang bisa anda dapatkan di http://europass.cedefop.europa.eu/europass/home/vernav/Europass+Documents/Europass+CV/navigate. action.

4. Surat rekomendasi
Biasanya yang diperlukan adalah surat rekomendasi dari profesor anda saat anda kuliah S1 dan rekomendasi yang asli, masukan ke dalam amplop (dari universitas atau kantor) yang tertutup (sealed) dan tunjukan kepada selecting committee.

5. Motivation Letter atau Statement of Purpose.
Tak mudah membuat persyaratan yang sangat krusial ini. Anda bisa browse di internet mengenai contoh-contoh Motivation Letter atau Statement of Purpose. Para selecting committee akan menilai anda dari tulisan yang anda buat sehingga anda harus bisa menjelaskan dengan baik tentang diri anda, kemampuan dan rencana anda kedepan.

Selamat mencoba...

No comments:

Post a Comment