Wednesday, November 2, 2011

Sukses Kerja Sambil Kuliah


Kebutuhan akan ilmu pengetahuan serta demi ‘up grade’diri mendorong karyawan untuk melanjutkan pendidikan. Kuliah lagi. Begitu juga bagi lulusan SMA/SMK yang mesti kuliah sembari mencari nafkah.

Tentu, ada harga mahal yang harus dibayar bagi si pegawai yang kembali menimba ilmu. Mesti mengorbankan waktu senggang untuk belajar, atau tak lagi bisa betul-betul libur kala akhir pekan. Bagaimana supaya bisa menjalankan kerja dan kuliah dengan enjoy, keduanya bisa berjalan dengan optimal tanpa protes dari keluarga/rekan kerja ? Berikut ini adalah tipsnya.

> Mintalah Bantuan dari Keluarga dan Teman
Ini diperlukan agar mereka mendukung studi yang kita jalani. Bicaralah dengan keluarga, pasangan, dan teman sebelum memulai kuliah dan pastikan mereka mengerti mengapa hal ini sangat penting. Dengan begitu, mereka akan paham bahwa kamu tidak memiliki cukup banyak waktu seperti yang mereka inginkan.

> Bicarakan dengan Bos atau Rekan Kerja
Berbicara dengan atasan berguna untuk memberitahu rencana dan tujuan kita ini. Ini akan memberikan dokumen dan pemahaman yang lebih baik.

> Maksmimalkan Waktu
Gunakan waktu sebaik mungkin. Meski sibuk, faktanya setiap individu memiliki periode dalam sehari, yang merupakan masa paling produktif. Kita bisa membaca bahan kuliah dalam perjalanan menuju tempat kerja, jika menggunakan transportasi umum. Juga tetap menghabiskan waktu untuk hiburan seperti menonton tv, film atau kegiatan lainnya.

> Cari Tahu Kekuatan Kita
Tiap orang memiliki gaya belajar berbeda. Yang efektif untuk orang lain, belum tentu baik untuk kita. Jika kita merasa lebih baik belajar di pagi hari, sisihkan waktu satu jam sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu untuk belajar.

> Buat Zona Studi
Hal ini membuat kita memiliki area khusus untuk belajar. Jika di rumah ada kamar kosong, kita bisa sulap untuk jadi tempat belajar. Kita juga bisa menyelipkan sebuah meja di sudut ruang tamu. Atau jika kita lebih suka belajar di luar rumah, belajarlah di kafe yang tenang atau perpustakaan umum. Intinya, di manapun berada, ciptakan perbedaan antara waktu belajar dan sisa hari. Ini akan mengaktifkan otak dan mendapatkan mood untuk belajar.

> Cari Teman Belajar
Menetapkan tujuan dengan seksama mahasiswa bisa menjadi cara untuk mengatasi hambatan kuliah dan meningkatkan motivasi. Menjalin pertemanan dengan orang baru merupakan bonus tambahan dalam pembelajaran. Kita juga bisa mengikuti grup kuliah di internet.

No comments:

Post a Comment